0

Kenapa organik?

Minggu, 18 Oktober 2009

Pertanian OrganikPojok Organik - Kenapa organik? Yah sebenarnya aku sih sudah lama prihatin -- sejak mulai ramainya masalah makanan bermasalah... ada mie pake formalin lah, bakso pake borax lah dan sebagainya... jadi harus ada alternatif untuk hidup sehat. Aku percaya 'kembali' ke organik adalah salah satu jawabannya.

Maksud organik di sini secara umum adalah tidak digunakannya substansi kimiawi dalam pengembangannya, misalnya penggunaan pupuk organik (bukan pupuk buatan) dalam pertanian atau pakan organik dalam peternakan.

Alasan lainnya adalah demi kesehatan lingkungan. Beberapa hasil studi menyatakan bahwa pertanian organik meningkatkan struktur tanah, mengkonservasi air dan salah satu jawaban dalam mengatasi pemanasan global. Pertanian organik juga memastikan tidak hilangnya keanekaragaman hayati. Walaupun ada pula studi yang berargumen bahwa tidak cukup bukti bahwa pertanian organik lebih baik dari pertanian intesif yang menggunakan pupuk dan pestisida inorganik, secara umum dipercaya bahwa pertanian organik lebih sustainable dan dari sisi pendapatan petani lebih menguntungkan.

Jadi? tunggu apa lagi... mari mulai mengkonsumsi makanan organik...

0 Responses to "Kenapa organik?"