0

Petani Organik Bogor

Minggu, 18 Oktober 2009


Sebagian besar sayuran organik yang beredar di Jakarta berasal dari daerah Bogor dan Puncak. Salah satu pionir yang cukup dikenal adalah Pater Agatho Elsener, seorang biarawan Swiss yang memulai usaha organik di wilayah Cisarua di awal tahun 1980an. Saat ini Agatho Farm sudah memasok banyak pusat-pusat penjualan sayuran organik di Jakarta.

Selain Agatho Farm masih banyak lagi pertanian-pertanian organik lainnya di wilayah Bogor-Puncak. Antara lain petani-petani mitra Aliansi Organis Indonesia (AOI) dan beberapa LSM lain di wilayah Bogor.

Belum lama ini saya mengunjungi Pusat Pendidikan dan Latihan Pertanian Berkelanjutan di daerah Darmaga, Bogor. Pusdiklat yang dikelola oleh Serikat Petani Indonesia (SPI) cabang Bogor ini menaungi sekitar 70 petani dari 14 desa sekitar wilayah Bogor. Tapi tidak semuanya bertani organik. Di pusdiklat ini terdapat demplot pertanian organik dengan berbagai macam sayuran seperti bayam, bayam merah, katuk dan lain sebagainya.

Menurut pengelola Pusdiklat Putro Santoso Kurniawan, petani
"diuntungkan dengan pertanian organik karena mereka tidak bergantung pada pengepul - misalnya kalau mereka hanya bertani bayam, mau tidak mau mereka bergantung pada tengkulak. Tapi kalau mereka bertani bermacam-macam sayuran, mereka dapat menjualnya langsung ke pembeli dan mendapatkan untung lebih."

Putro menjelaskan bahwa petani anggota SPI wilayah Bogor sudah menghasilkan berbagai sayuran berdaun dengan cara berkelanjutan atau organik, seperti misalnya: buncis, kacang panjang, timun, bayam hijau dan merah, kangkung, kemangi dan beberapa macam sayuran lainnya.

Saat ini menurutnya, para petani di bawah SPI cabang Bogor sedang dalam proses untuk membentuk koperasi, sebagai kelompok usaha bersama pada tingkat desa. Koperasi ini diharapkan tidak hanya akan membantu pemasaran tapi juga memenuhi kebutuhan produksi para anggotanya.

Pertanian berkelanjutan yang dikembangkan SPI diterapkan pula di wilayah-wilayah lain di Jawa, Sumatra dan Nusa Tenggara Barat.

Links:
Pusdiklat Pertanian Organik Bogor, SPI
http://www.spi.or.id/?p=146

Aliansi Organis Indonesia
http://www.organicindonesia.org/

0 Responses to "Petani Organik Bogor"